Bertapa 8 Hari di Jonggol, Meluruskan Paradigma TKJ Kami

20/10/2016 14:17

Berawal dari postingan teman di grup WhatsApp  SMK TamanSiswa 2 Jakarta, yang mengabarkan ada training gratis khusus untuk guru-guru TKJ di jonggol jawa barat, 11 s/d 18 oktober lalu saya berkesempatan mengikuti training guru tkj gratis. Gratis ? Iya gratis. Materinya apa saja ?

Materi yang diajarkan sebagai berikut :

1. Cisco CCNA

2. Network Management System

3. Mikrotik MTCNA + Exam

4. Mikrotik MTCRE + Exam

5. Subnetting Competition

6. Superlab Competition

Keren kan ? Ga rugi deh !

  

Dari training ini saya mendapatkan banyak hal, yaitu :

1. Bertemu dengan orang - orang hebat

Yang pertama adalah Bapak Dedi Gunawan selaku Owner IDN Foundation. Beliau adalah CCIE expert yang setelah berhasil di bisnis yang ia bangun, turun ke dunia pendidikan khususnya SMK TI. Salah satu programnya adalah training yang saya ikuti ini. Facebook beliau : facebook

Kedua adalah Ibu Amiroh yang terkenal dengan moodlenya. Salah seorang guru yang diundang khusus oleh microsoft ke hungaria. Lebih lengkapnya dapat di lihat di blog beliau amiroh.web.id

Juga para trainer senior IDN dan tentu saja para guru TKJ seindonesia yang berjumlah kurang lebih 50 orang serta para trainer kami yang berusia 18 s/d 19 tahun. What ??? Muda banget ! He..he..

2. Jauhnya jarak antara Lab Komputer dan Lab Jaringan

Ternyata Lab TKJ kami saat ini lebih ke arah Lab komputer, dan masih jauh untuk menjadi Lab jaringan. Indikator yang bisa dilihat kasat mata adalah jumlah peralatan jaringan yang minim sekali.

Dengan minimnya jumlah peralatan jaringan di lab, maka yang diajarkan ke siswa pun sangat minim. Ilmu guru - gurunya juga perlu diupgrade :-)

   

3. Lulusan lokal berskill internasional

Tanpa sadar selama ini para guru TKJ telah mengkerdilkan anak didiknya. Lulusan SMK TKJ digambarkan hanya dapat bekerja di warnet, toko - toko komputer, perusahaan atau lembaga dalam negeri. Padahal peluang bekerja di luar negeri sangat terbuka ketika siswa SMK diberikan bekal pengetahuan dan skill yang cukup oleh sekolah. Pak Dedi Gunawan dan rekan - rekan telah mewujudkannya.

 

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa diceritakan selama pelatihan, tapi silahkan cari tahu sendiri ya. Thank You.

Contact

Iman-parjito SMK TamanSiswa 2 Jakarta
Jl. Garuda No. 44 Kemayoran Jakarta Pusat
Kode pos 10610
Telp : 021-4208347
iman.parjito@gmail.com