Tim DokterKomputer.com Menjadi Penguji Kompetensi Siswa SMK Tamansiswa 2

24/04/2013 16:16

Sejak 25 Februari hingga 5 Maret 2013, ujian kompetensi untuk siswa-siswa SMK dilakukan. Ujian praktek ini untuk mengetahui dan menilai kemampuan secara praktis dan teknis para siswa. Pada kesempatan itu, tim DokterKomputer.com menjadi salah satu penguji/pemberi nilai untku siswa SMK Taman Siswa (Tamsis) 2 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang beralamat di Jalan Garuda no 44, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Siswa kelas XII SMK ini mengikuti rangkaian ujian hingga ujian nasional untuk kesiapan lulus dari jenjang sekolah menengah. Pada jurusan TKJ mereka dinilai dari mulai merakit komputer, menginstal operating system dengan Linux dan menginstall aplikasi mail server. Setelah itu mereka harus dapat memastikan server tersebut dapat terkoneksi dengan client melalui Local Area Network (LAN) dan mengetest aplikasi dapat berjalan yaitu mengirim email dari akun yang dibuat melalui server mail yang mereka bangun.

Berbeda dengan uji komptensi tahun lalu yang kami pun menjadi penguji, tahun lalu, mereka hanya di uji melalui paparan presentasi mulai dari teori tentang LAN, webserver dan OS Linux lalu para penguji bertanya langsung kepada mereka. Tahun ini lebih aplikable karena mereka ditest langsung melalui praktek dan hasilnya sudah cukup baik, sebagian besar mereka berhasil dalam pengujian.

“Kami berharap mereka yang di uji siap kerja, cerdas dan kompetitif seperti slogan SMK Bisa: siap kerja, cerdas dan kompetitif. Siswa lulusan TKJ harus siap bekerja di dunia industri dan kami siap menampung para lulusan untuk magang dan bekerja langsung di outlet-outlet DokterKomputer.com maupun di client-client yang melakukan maintenance contract.”, ujar Iim Rusyamsi, CEO DokterKomputer.com saat memberikan evaluasi dan motivasi kepada 70 siswa yang mengikuti uji kompetensi ini.

Ditambahkan juga oleh Mario Chandra, manager DokterKomputer.com yang ikut menguji, bahwa: “Sebanyak 70 siswa dibagi dua grup yang masing-masing grup dibagi 6 peserta, setiap grupnya diuji dengan waktu shift pagi dari jam 7.30 – 11.30 dan shift siang dari jam 13.00-17.00. Sehingga kami memerlukan waktu 7 hari kerja untuk melakukan test. Dan penguji bukan hanya kami sebagai dunia industri tapi juga dari pihak sekolah”.

Ki Lilik Dwiantoro, Kepala Sekolah SMK Tamsis 2, merasa senang mempunyai mitra dunia industri dan dunia usaha bersama DokterKomputer.com selama ini. “Sekolah teknis seperti kami harus didampingi oleh dunia usaha dan dunia industri (DUDI) agar lulusan SMK dapat sesuai dengan kebutuhan DUDI saat ini sehingga mereka dapat mempunyai peluang kerja dan wirausaha”, ungkap sang kepala sekolah.

“Kami terus mengembangkan jurusan TKJ menjadi jurusan yang siap pakai sehingga kami harus mengikuti era global saat ini sehingga lulusan kami terserap oleh DUDI. Banyak update terbaru kami dapatkan dari kemitraan dengan DokterKomputer.com selama ini, dan masukan yang ada menjadi acuan kami mengembangkan materi pembelajaran siswa”, ujar Ki Iman Parjito sebagai Kepala Jurusan TKJ SMK Tamsis 2.

 

[dokterkomputer.com]

Jadwal Waktu Shalat Hari Ini

Contact

Iman-parjito SMK TamanSiswa 2 Jakarta
Jl. Garuda No. 44 Kemayoran Jakarta Pusat
Kode pos 10610
Telp : 021-4208347
iman.parjito@gmail.com